Rasulullah SAW seorang pembawa berita gembira

  Allah SWT telah berfirman:
“Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang mukmin bahwa sesungguhnya bagi mereka karunia yang besar dari Allah.” (QS.Al-Ahzaab(33):47)


Rasulullah SAW telah bersabda:
“Sampaikanlah berita gembira dan jangan sampai kalian membuat antipati, permudahlah, jangan sampai kalian mempersulit!”

Berita gembira bagi kami adalah Islam. Sesungguhnya kita telah mendapatkan kekuatan yang tak terkalahkan berkat perhatian-Nya.
Kesuksesan Anda dimulai hari ini bersama kami
Manakala juru penyeru kita menyeru untuk taat kepada Allah melalui rasul yang paling mulia sehingga jadilah kita umat yang paling mulia.

Di antara sifat Nabi SAW yang paling agung ialah bahwa beliau adalah seorang pembawa berita gembira, sebagaimana yang disebutkan oleh firman-Nya:
“Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk menjadi saksi dan pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan.” (QS.Al-Ahzaab(33):45)

Nabi SAW adalah orang yang membawa berita gembira paling besar, yaitu iman kepada Allah dan berita gembira mendapatkan maaf, ampunan, ridha dan rahmat-Nya. Beliau SAW telah menyampaikan berita gembira berupa surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Sesungguhnya Nabi SAW telah menyampaikan berita gembira dengan ampunan dari Allah bagi yang bertobat dan pemaafan dari-Nya bagi orang yang mau kembali ke jalan-Nya.

Industri Logam Kuningan
Sebagian besar agama yang disampaikannya adalah berita gembira. Sesungguhnya beliau telah menyampaikan berita gembira bahwa wudhu’ menggugurkan dosa-dosa dan bahwa shalat, puasa Ramadhan, haji dan ‘umrah merupakan penghapus dosa yang ada di antara masing-masingnya, kecuali dosa-dosa besar. Beliau menyampaikan berita gembira surga bagi orang yang kehilangan kedua matanya. Beliau menyampaikan berita gembira mendapat istana di dalam surga bagi orang yang kematian anaknya. Beliau menyampaikan berita gembira kepada orang yang menderita sakit lalu bersabar bahwa dosa-dosanya dihapuskan dan bahwa orang yang dikehendaki baik oleh Allah, pasti akan diuji oleh Allah. Beliau menyampaikan berita gembira kepada orang yang menunggu kedatangan waktu shalat bahwa para malaikat memohonkan rahmat dan ampunan baginya selama ia belum berhadas. Beliau menyampaikan berita gembira kepada orang yang mengucapkan tasbih sekali bahwa Allah menanamkan sebuah pohon kurma di dalam surga untuknya dan bahwa barang siapa yang mengucapkan subhanallaa wa bihamdihi (Mahasuci Allah dan dengan memuji kepada-Nya) sebanyak seratus kali, maka digugurkanlah semua dosa-dosanya meskipun banyaknya seperti buih di laut, dan bahwa barang siapa yang melakukan suatu dosa, kemudian ia berwudhu’ dan shalat dua raka’at, lalu meminta ampun kepada Allah, niscaya Allah akan mengampuninya. Nabi SAW menyampaikan berita gembira bahwa barang siapa yang terkena penyakit, kesengsaraan, kelelahan, kesedihan, kecemasan atau kesusahan hingga duri yang menusuknya, maka Allah akan menjadikan musibah itu sebagai penghapus dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Perlengkapan Kompor Gas
Nabi SAW telah datang membawa kitab yang besar dan peringatan yang penuh dengan hikmah. Di dalamnya terkandung berita gembira bagi orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shalih bahwa mereka akan mendapat pahala yang baik dan melarang mereka dari sikap berputus asa sebagaimana yang disebutkan oleh firman-Nya:
“Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (QS.Yusuf(12):87)

Al-Qur’an melarang mereka dari sikap mudah menyerah melalui firman-Nya;
  “Dan tiada yang putus harapan dari rahmat Tuhannya, kecuali hanya orang-orang yang sesat.” (QS.Al-Hijr(15):56)

  Al-Qur’an melarang mereka bersedih hati sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya:
“Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati.”
(QS.Ali Imran(3):139)

  Al-Qur’an membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi orang-orang yang bertobat dari kalangan mereka yang melampaui batas terhadap dirinya sendiri, sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya:
“Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kalian terputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semua. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’”
(QS.Az-Zumar(39):53)

Alat-alat Pertanian
 Ketika Nabi SAW mengutus para delegasinya ke berbagai negri sebagai para penyeru manusia untuk menyembah Allah, beliau SAW berpesan kepada mereka melalui sabdanya:
“Sampaikanlah berita gembira dan janganlah kalian membuat antipati, permudahlah dan janganlah kalian mempersulit!”

  Nabi SAW memperingatkan terhadap sikap mempersulit dan membuat antipati. Untuk itu, beliau SAW bersabda kepada para shahabatnya yang mengemban tugas ini:
“Hai manusia, sesungguhnya di antara kalian ada orang-orang yang membuat orang lain antipati. Barang siapa yang menjadi imam shalat bagi orang banyak, hendaklah ia meringankan shalatnya, karena sesungguhnya di antara para makmum terdapat orang yang lanjut usia, anak kecil, orang sakit dan orang yang mempunyai keperluan penting.”
(hadits diketengahkan oleh Bukhari 702, 90 dan Muslim 466.)

Aneka Macam Spliter
 Nabi SAW mencela sikap orang-orang yang mempersulit dirinya dalam beragama. Beliau menyempaikan berita gembira kepada ‘Aisyah bahwa Allah telah membersihkan dirinya dari tuduhan yang dilancarkan oleh para pembuat berita bohong. Beliau menyampaikan berita gembira kepada Ka’ab bin Malik bahwa Allah telah menerima tobatnya. Beliau menyampaikan berita gembira kepada Jabir bahwa Allah SWT berbicara dengan ayahnya secara langsung. Beliau menyampaikan berita gembira kepada kaum muslim bahwa Zaid bin Haritsah, Ja’far bin Abu Thalib, dan Ibnu Abu Rawwahan yang telah gugur di suatu medan perang, semuanya masuk surga. Nabi SAW telah menyampaikan berita gembira kepada Bilal bahwa beliau SAW mendengar suara terompahnya di dalam surga. Beliau menyampaikan berita gembira kepada Ubay bin Ka’b bahwa Allah menyebutnya di kalangan golongan yang tertinggi. Beliau menyampaikan berita gembira masuk surga kepada sepuluh orang di antara shahabatnya. Nabi SAW menyampaikan berita gembira kepada ahli Badar bahwa Allah SWT telah berfirman sehubungan dengan mereka:
“Berbuatlah sekehendak hatimu. Sesungguhnya Aku telah mengampuni kalian.”
(Hadits diketengahkan oleh Bukhari 3007, 3989 dan Muslim 2494 melalui ‘Ali RA)

  Nabi SAW menyampaikan berita gembira kepada para shahabat yang berjanji setia kepadanya di bawah pohon, bahwa mereka beroleh ridha dari Allah. Beliau menyampaikan berita gembira kepada orang yang menetapi bacaan surat Al-Ikhlas, bahwa Allah menyukainya . beliau SAW menyampaikan berita gembira kepada seorang lelaki yang shalat bersamanya, lalu menjalani hukuman had, bahwa Allah telah mengampuninya.
  Pada garis besarnya, di antara pekertinya yang paling besar lagi terpuji adalah memasukkan kegembiraan ke dalam hati manusia dan membuat mereka bahagia.

Berita gembira dari Yang Ghaib diturun di dalam mulut gua melalui wahyu yang membocorkan ke alam dunia berbagai hal yang rahasia.


No comments:

Post a Comment

Komentar