Muhammad SAW Seorang Yang Penyabar

  Belum pernah ada seorang pun yang mendapat berbagai macam musibah, kesulitan, penderitaan dan keadaan yang kritis, seperti yang telah di alami oleh Nabi Muhammad SAW, sedang beliau tetap sabar dan tegar lagi mengharapkan pahala semuanya dari Allah SWT.


“Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah.” (QS.An-Nahl (16):127)

  Beliau sabar menghadapi masa yatim dan sabar terhadap kefakiran, kemiskinan, kelaparan, keperluan dan kelelahan yang di alaminya. Beliau sabar menghadapi kedengkian musuh, ejekan musuh dan terkadang kemenangan musuh.
Logam Kuningan
Beliau sabar saat diusir dari kampung halaman, dikeluarkan dari negerinya dan dijauhkan dari keluarga dan sanak familinya. Beliau sabar saat kerabatnya dibunuh, shahabat-shahabatnya disiksa, para pengikutnya dicarai-beraikan, musuh-musuhnya berlomba mengganggunya, lawan-lawannya membentuk golongan yang bersekutu terhadapnya dan pasukan musuh bersatu-padu untuk memeranginya. Beliau sabar menghadapi kekerasan orang-orang yang mengincarnya, keangkuahan orang-orang yang  sewenang-wenang, kebodohan orang-orang Arab, watak keras orang-orang pedalaman, rencana jahat orang-orang Yahudi, pembangkangan orang-orang Nasrani, kebusukan orang-orang munafiq dan keganasan serangan pasukan musuh. Beliau sabar menghadapi kebencian orang dekat, permusuhan orang jauh, kekuatan kebathilan dan kelaliman orang-orang yang mendustakan.

Aneka Engsel
Beliau sabar menghadapi dunia dengan segala perhiasan dan gemerlap emas dan peraknya, beliau tidak tergiur dengan sesuatu pun darinya. Beliau sabar mengadapi bujuk-rayu kekuasaan, gemerlapnya kedudukan dan ambisi kepemimpinan, beliau berpaling dari semuanya itu demi meraih ridha Tuhannya. Kesabarannya adalah  kesabaran orang yang mengharapkan pahala dari Tuhannya dalam  semua urusan kehidupannya. Kesabarannya bagaikan baju besi dan tamengnya yang senantiasa dikenkan dan selalu menemaninya, manakala dikejutkan oleh ucapan musuh-musuhnya, beliau teringat akan firman-Nya:
“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan.” (QS.Thaahaa (20):130)

Perlengkapan Gas
 Manakala keadaan mencapai puncak kesuliatannya dan urusan kian menyempit, beliau teringat kepada firman-Nya:
“Maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku).” (QS.Yusuf (12):18)

  Manakala rasa takut kepada musuh mencekam dirinya dan kabar rencana jahat orang-orang kafir mulai mencemaskan dirinya, beliau teringat kepada firman-Nya:
“Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rosul-rosul telah bersabar.” (QS.Al-Ahqaaf (46):35)

  Kesabarannya adalah kesabaran orang yang percaya dengan pertolongan Allah, merasa tenang dengan janji Allah, merasa tenteram dengan jaminan Tuhannya, lagi selalu berharap kepada pahala Tuhannya. Kesabarannya adalah kesabaran orang yang merasa yakin bahwa Allah pasti akan menolongnya, kesudahan yang baik akan diraihnya, Allah selalu bersamanya dan Allahlah yang menjamin dan memberikan kecukupan kepadanya.
Aneka Pulley
 Beliau sabar terhadap kata-kata yang mengecam dirinya, maka hal ini tidak dapat menggoyahkan dirinya. Beliau sabar terhadap kalimat yang melukai, maka hal ini tidak dapat mengejutkan dirinya, beliau sabar terhadap gangguan menyakitkan yang dilakukan dengan sengaja, maka hal ini tidak dapat menyentuh dirinya.


Alat Pertanian
 Ketika pamannya wafat beliau bersabar. Saat istrinya wafat beliau bersabar. Ketika Hamzah, pamannya, dibunuh, beliau bersabar. Ketika diusir dari Makkah beliau bersabar, ketika putranya meninggal beliau bersabar. Ketika istrinya yang suci di tuduh melakukan perselingkuhan, beliau bersabar. Ketika didustakan beliau bersabar. Mereka menuduhnya seorang penyair, tukang tenung, penyihir, orang gila dan pendusta yang membuat-buat kebohongan, semuanya itu beliau hadapi dengan kesabaran.
Aneka Spliter
 Mereka mengusirnya, mengganggunya, mencacinya, memeranginya dan menyekapnya, beliau hadapi semuanya itu dengan sikap yang sabar. Kesabaran itu tiada lain hanya dipelajari darinya dan tiada seorang pun yang patut untuk di jadikan anutan dalam kesabaran, kecuali hanya diri Nabi SAW. Beliau menjadi contoh yang ideal dalam hal kelapangan dada, kesabaran yang agung, ketabahan yang besar dan ketegaran hati. Beliau adalah pemimpin orang-orang yang sabar dan anutan bagi orang-orang yang bersyukur. Semoga shalawat dan salam dari Allah selalu tercurahkan kepadanya.

No comments:

Post a Comment

Komentar